Selamat datang dalam duniaku yang sempit ini. selamat menikmati apa yang telah aku tulis, tapi ada yang harus selalu kamu ingat bahwa tidak semua yang aku tulis adalah aku dan tidak semua yang aku bicarakan adalah kamu..

tau balas budi

Mei 15, 2011


"Saling memberi hadiahlah , maka kalian akan saling mencintai ." (HR. Bukhari)
Hadist diatas mengajak kita untuk saling memberi hadiah , saling memberi kebaikan karena saling berbagi hadiah ini akan menimbulkan rasa cinta , rasa bahagia , rasa pertemanan atau bisa saling mengakrabkan diri .
Maksud lain dari hadist diatas agar tidak selalu senang menerima pemberiaan saja atau hadiah dari orang lain tanpa mau membalas budi baiknya .

Artinya ketika kita diberi sesuatu oleh orang lain , oleh teman , oleh tetangga atau oleh siapa saja cepat balas budi kebaikannya . Jangan sampai budi baik seseorang tidak terbalas oleh kita .

Jangan Sampai Budi itu Menjadi Hutang
Jadikan diri kita orang yang tahu membalas budi , tahu membayar kebaikan sehingga kita tidak disebut orang yang hanya suka diberi namun tidak pernah memberi . Mungkin bagus sekali kalau kita sering memberi dari pada diberi , karena tangan diatas selalu akan lebih baik .

Ketika kita datang berkunjung ke orang yang kita hormati , orang tua kita , guru kita , bawalah sesuatu untuk menyenangkan hati mereka , dan usahakan jangan datang dengan tangan kosong . Dari makanan , roti , kue makanan yang enak atau benda yang baik . Karena budi mereka tidak akan terbalas dengan apapun yang kita berikan .

Jadi Jangan Pelit , Jangan Bakhil dan jangan Kikir
Karena kebahagiaan , ketenangan , ketetraman hati selalu terjadi karena ada keterlibatan orang lain . Maksudnya , kalau ingin bahagia , bahagiakan dulu orang lain , Insya Allah bahagia akan datang menjeguk , beri sedekah pada anak yatim piatu , Insya Allah akan datang ketenangan , beri hormat kepada orang tua , taat , Insya Allah rezeki mengalir deras .

Kita pelit memberi pada yatim piatu , kesulitan selalu akan menghadang , kita acuh terhadap orang tua , kepahitan selalu akan datang berkunjung , kita tidak peduli dengan sedekah , rezeki tidak akan datang menghampiri ataupun tidak berkah .
Bila hati tidak tenang , galau , gundah , coba tengok dulu ke belakang .. mungkin anda lupa membalas budi orang lain , atau lidah anda pernah menyakiti orang lain , sebagaimanapun taatnya anda .

Ehhh , ntar ada pertanyaan:
Cara balas budi baik seseorang gimana?
Balas dengan yang sepandan , tidak cukup cuma bilang 'makasih ..' , agar kita bisa memiliki Muru'ah (harga diri/ kemuliaan) .
Kalau sulit membalasnya?
balas dengan semampunya , kalau juga tidak mampu do'a-kan dia agar Allah membalas kebaikannya dengan yang lebih baik lagi .. Tapi jangan lupa , ketika kita bilang "Mudah-mudahan Allah membalas kebaikan .." jangan hanya di bibir saja . do'a-kan sungguh-sungguh setelah shalat , atau dimana saja . Atau minimal tidak menyakiti hatinya sebagai bentuk membalas budi .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Say 'Hello' .. ^^

free counters

 

Find us on Facebook

Most Reading