Selamat datang dalam duniaku yang sempit ini. selamat menikmati apa yang telah aku tulis, tapi ada yang harus selalu kamu ingat bahwa tidak semua yang aku tulis adalah aku dan tidak semua yang aku bicarakan adalah kamu..

Manusia dan Tuhan

Mei 14, 2011


Sebuah renungan tentang kehidupan yang kadang kita lupakan , tidak kita ingat , bahkan kita keluhkan . Sebuah renungan yang mengajarkan apa itu arti dari kejadian yang membuat kita merasa kecewa , merasa tidak adil , merasa marah , akan tetapi dibaliknya sebenarnya ada rencana yang jauh lebih indah yang telah disiapkan oleh Tuhan untuk kita ..
Untuk orang-orang yang saya sayangi ..
Saya sering di nasehati sejak kecil oleh orang disekitar saya (orang tua , guru , paman , tante , dll) , bahwa jika saya berusaha sekuat tenaga , maka saya bisa mendapatkan apa yang ingin saya capai . Tetapi mereka lupa memberitahu sesuatu ..

Pernahkah anda merasa bahwa apa yang anda dapatkan tidak sesuai dengan usaha yang anda lakukan? Pujian yang jatuh ke tangan rekan yang (menurut kita) tidak layak , penerimaan di Universitas yang (menurut kita) memilih mahasiswa yang salah , Juara pada sebuah Lomba yang (menurut kita) jatuh ke orang yang kurang kemampuannya . 

Anda mulai bertanya "mengapa ini terjadi?" , lalu mengatakan "Sangat tidak adil" , "aku tidak akan pernah lagi mengikuti lomba yang jurinya tidak adil" . Ini pernah saya alami dulu .

Hal yang sangat lumrah jika kita kecewa atas peristiwa yang tidak sesuai dengan harapan kita , terutama jika kita merasa sangat yakin atas harapan tersebut . Semakin besar harapan , semakin kecewa jika tidak berhasil . Tetapi jika saya diperbolehkan mengulang kembali waktu dan bisa merubah segala sesuatunya , maka saya memilih tidak akan mengubah apapun . Karena saya yang sekarang adalah hasil apa yang saya alami dimasa lalu , keberhasilan maupun kegagalan saya di masa lalu telah membentuk saya yang sekarang , jadi saya tidak akan mengubah apapun .

Mengapa? Karena saya belajar banyak dari semua kegagalan saya , Karena tanpa kekecewaan yang pernah saya alami , saya tidak akan bisa menghadapi kehidupan . Terlebih lagi karena saya percaya bahwa apa yang terjadi adalah yang terbaik buat saya . Memang tidak mudah untuk menerima kekalahan , tetapi percayalah , kadang kita harus kalah dalam sebuah hal untuk menjadi pemenang dalam kehidupan .

Sebagai contoh , ada sebuah cerita tentang seseorang ..
Berkisah saat si A melakukan test untuk masuk ke perguruan tinggi . Dia sangat menginginkan untuk bisa masuk ke ITS di Surabaya , padahal orang tuanya menginginkan untuk kuliah di Bali . Tetapi dia tetap bersikukuh . Bersama beberapa teman , dia melakukan persiapan dengan berbagai bimbingan belajar . Dan setelah test selesai , dia merasa yakin bisa diterima , karena dia bisa menyelesaikan sebagian besar soal ujian .
Begitu hasil penerimaan keluar , nama si A tidak ada dalam daftar , dan dia melihat nama temannya di daftar tersebut . Dia begitu kecewa dan memutuskan mengikuti anjuran orang tua untuk kuliah di UNUD , Bali , yang hanya bertahan 3 bulan saja , karena akhirnya dia diijinkan sekolah di tempat yang sangat ia impikan sejak kecil , Sydney . Belakangan dia berfikir , jika saja dia di terima di ITS , dia tidak akan mungkin melanjutkan sekolah di Sydney , dan menjalani impiannya 
Setelah empat tahun di Sydney , dia memasuki semester terakhir dan memutuskan akan menetap di sana . Setelah ujian akhir selesai , dia bersama teman teman sibuk menyiapkan resume untuk dikirimkan ke perusahaan-perusahaan di sana . Belum juga nilai ujian keluar diberitakan bahwa adiknya sakit kanker , sehingga dia harus pulang secepatnya . Begitu nilai keluar , dan dinyatakan lulus , dia pun pulang , bahkan harus meninggalkan barang barang di sana . Pada saat wisuda , dia kembali ke sana tanpa orang tua , jadi tidak ada foto wisuda seperti yang dimiliki oleh hampir semua mahasiswa . Tetapi Yang membuatnya paling kecewa adalah kenyataan bahwa dia harus kembali ke Bali untuk membantu menjaga usaha orang tua , dan tidak bisa kembali ke Australia lagi karena visa sudah habis . Habislah kesempatannya untuk bekerja dan hidup di sana .
Waktu berjalan dan dia mendengar kabar dari teman temannya bahwa mereka sudah mendapat pekerjaan dan menetap di sana . Pada waktu itu dia mengatakan "Tidak adil!" , karena nilai yang dia miliki lebih baik dari mereka . Tetapi sekarang dia berfikir , jika dia tidak harus pulang pada waktu itu , maka sekarang dia akan disana dan bekerja di sebuah kantor dan mengerjakan pekerjaan yang  tidak begitu ia sukai , programming .
Ini cuma satu dari ratusan cerita serupa yang ada dalam hidup dan cita-cita . Setelah saya merenung , saya menyadari hampir semua kejadian dalam hidup saya , maupun orang-orang yang saya kenal , mengalami hal serupa . Bila sesuatu terjadi sesuai dengan harapan , maka kita bergembira . Jika tidak sesuai , maka kita kecewa , namun kehidupan berlanjut dan akhirnya kita bisa menerima kenyataan itu , bahkan kadang kadang bersyukur atas semua yang terjadi .

Saya baru selesai membaca sebuah buku yang mengatakan: "Terkadang Tuhan memberi kita martil dan alat pahat untuk membuat patung , terkadang Dia memberi cat dan kuas untuk melukis . Kita tidak bisa membuat patung yang indah dengan kuas ataupun membuat lukisan yang indah dengan martil" .

Terkadang kita ingin memaksakan apa yang kita mau , dan melupakan bahwa Tuhan sudah menyiapkan segalanya dengan indah jika kita mau menerima kenyataan dan meneruskan hidup dengan berdiri tegak . Tetapi saya tahu bahwa Tuhan tidak akan menyediakan alat kepada orang orang yang tidak berusaha .

Saya mengambil keputusan untuk tidak terperangkap lagi atas hasil yang saya peroleh , melainkan yang saya pentingkan adalah prosesnya , bagaimana kita berusaha untuk mencapai impian kita , mengeluarkan seluruh kemampuan , tetap berusaha di kala sulit , tetap percaya , dan tetap optimis . Dan apapun hasilnya akan saya terima . Saya percaya Tuhan akan memberikan yang terbaik untuk saya jika saya berusaha sekuat tenaga , meskipun jalan yang diberikan-Nya mungkin berbeda dengan yang saya bayangkan dan saya inginkan . Saya lebih memilih untuk gagal setelah berusaha sekuat tenaga dari pada tidak melakukan apa apa . Percayalah , keberhasilan yang didapat dengan berusaha jauh lebih manis dari pada keberhasilan yang datang begitu saja .

Seperti sebuah pepatah kuno ,
Berusahalah seperti Singa , dan terima apapun hasilnya seperti Domba
Ingatlah selalu bahwa Tuhan selalu ada , karena Tuhan tidaka tidur ..
Shot for the moon , even if you fail you'll be among the stars ..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Say 'Hello' .. ^^

free counters

 

Find us on Facebook

Most Reading