Selamat datang dalam duniaku yang sempit ini. selamat menikmati apa yang telah aku tulis, tapi ada yang harus selalu kamu ingat bahwa tidak semua yang aku tulis adalah aku dan tidak semua yang aku bicarakan adalah kamu..

sebuah akhir (bagi saya pribadi)

Juni 02, 2011

Sebuah akhir , merupakan bagian tak terpisahkan dari semua yang ada di dunia ini . semua hal pasti memiliki akhir . hidup berakhir dengan mati , kegigihan berakhir dengan hasil (terlepas dari baik atau buruknya hasil yang didapat) . tapi saya tidak akan berbicara tentang akhir semacam itu , saya hanya akan membicarakan tentang akhir dari sebuah cerita . ya , kali ini saya akan membicarakan akhir dari cerita cerita yang ada . dan pada akhirnya nanti akan saya jelaskan kenapa beberapa cerita yang saya buat masih belum memiliki akhir yang jelas .. :)

pada dasarnya akhir itu ada untuk memutus sebuah rangkaian yang ada di depannya . kita analogikan seperti akhir kehidupan , maka ia adalah pemutus dari rangkaian kehidupan . dan yang namanya akhir pasti ada di akhir . (yaiyaa Laa .. Hhe)

membuat sebuah akhir bagi saya gampang-gampang susah . memang , sebagai pencipta saya bebas mau membuat akhir seperti apa . saya berhak membuat tokoh utama berakhir sebagai pemenang dan mendapatkan semua impiannya dalam cerita , dan saya pun berhak membuat tokoh utama berakhir sebagai pecundang dan menjadi sebuah karakter yang sangat mengenaskan .

tapi permasalahannya bukan pada bagaimana akhir itu dibuat . bukan pada bagaimana pembaca merasa puas atas akhir yang ia peroleh setelah membaca sebuah cerita . namun permasalahan yang saya hadapi adalah kenyataan bahwa menciptakan akhir sama halnya dengan menciptakan sebuah kematian untuk karakter tertentu dalam cerita .

katakanlah saya menciptakan seorang karakter anak muda yang bergelut dengan cintanya yang sangat rumit , dan pada akhirnya saya akan menuliskan bagian akhir dari kisah anak muda itu kan? bayangkan ketika saya menuliskan "akhirnya dia berhasil mendapatkan cinta yang selama ini ia inginkan . TAMAT" bagaimana rasanya? mungkin akan membuat beberapa orang tersenyum bahagia karena setelah berusaha keras akhirnya anak itu menemukan cintanya . tapi pernahkah berfikir dari sudut pandang lain? berfikir bahwa dengan sebuah akhir yang tercipta , maka anak muda itu akan mati , musnah , the end , dan tidak berkelanjutan lagi . bagaimanapun akhir yang dibuat .

jadi , yang ingin saya katakan adalah bagaimanapun akhir itu , nantinya pasti akan membuat semua karakter yang ada dalam cerita mati dan tidak memiliki kelanjutan . ambil contoh cerita Cinderella , setelah menikahi pangeran maka ia hidup bahagia selamanya , the end , seperti itu kan? mana ada kisah yang melanjutkan cerita itu? padahal bisa saja Cinderella bertengkar dengan pangeran dan bercerai bukan? atau bagaimana dengan Cinderella memiliki banyak anak? itu semua tidak akan bisa tercipta karena adanya sebuah akhir .

saya tidak menyangkal bahwa akhir untuk sebuah cerita itu sangat diperlukan , karena kita tak mungkin menciptakan sebuah cerita tanpa akhir , hanya saja secara pribadi saya sangat membenci sebuah akhir . saya membencinya dan saya tidak menyukainya . saya lebih suka membuat cerita itu menggantung , di antara dua pilihan , yaitu akhir bahagia atau akhir yang sedih ..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Say 'Hello' .. ^^

free counters

 

Find us on Facebook

Most Reading