Selamat datang dalam duniaku yang sempit ini. selamat menikmati apa yang telah aku tulis, tapi ada yang harus selalu kamu ingat bahwa tidak semua yang aku tulis adalah aku dan tidak semua yang aku bicarakan adalah kamu..

darimana datangnya CINTA?

Juni 01, 2011


Darimana datangnya cinta?
"dari mata turun ke hati
Begitulah yang dinyatakan sebuah pantun yang tergolong lama itu . Memang biasanya seseorang menyukai sesuatu karena ia telah melihat dari segi pandangan dan keadaan . Seseorang menyukai uang karena ia melihat , bahwa uang mempunyai nilai yang berharga . Seseorang menyukai sebuah lukisan karena ia melihat , bahwa lukisan mempunyai nilai keindahan . Seseorang menyukai sebuah makanan karena ia melihat , bahwa makanan tersebut adalah makanan yang mempunyai rasa yang lezat .

Manusia yang menganggap bahwa nilai tertinggi adalah ketika dekat dengan Tuhan merupakan manusia yang mencintai dengan kesungguhan . Dia mencintai sesuatu karena semata-mata untuk menambah rasa cintanya terhadap Tuhannya , sebagaimana Sabda Rasulullah SAW :
"Barang siapa mencintai karena Allah , membenci karena Allah , memberi karena Allah , dan mencegah karena Allah , maka ia sudah menyempurnakan iman ." (Dishahihkan oleh al-Albani)
Manusia seharusnya bercermin pada itu . Mencintalah karena Allah dan bukan karena materi yang tak abadi .

Rasulullah SAW juga bersabda:
"Perempuan itu dinikahi lantaran empat hal: karena hartanya , karena kemuliaan nasabnya , karena kecantikannya , dan karena agamanya . Maka beruntunglah kamu yang memilih perempuan yang memiliki (agama yang baik) .." (H.R. Bukhari dan Muslim)
Selain faktor-faktor yang disebutkan tadi , ada satu faktor utama yang menyebabkan rasa cinta datang kepada kita , yaitu Cinta Sang Khaliq pada kita dengan Memberi Cinta pada masing-masing jiwa . Dia-lah yang menciptakan cinta , Dia-lah yang memiliki cinta , Dia-lah yang memberi cinta , dan Dia-lah yang sepatutnya kita cinta .

Cinta itu bagaikan alat indera yang letaknya tidak dapat dicari oleh mata , tidak dapat dipegang oleh indera peraba , tak dapat didengar oleh pendengaran , tidak dapat dicium oleh hidung , tidak dapat dirasakan oleh lidah . Cinta juga tidak mempunyai syaraf , tidak seperti indera lainnya . Cinta tidak dapat dikendalikan , dihadirkan , dan juga dimusnahkan oleh pikiran . Cinta adalah sebuah naluri alami yang dianugerahkan oleh Tuhan . Kita tidak dapat mengatur kapan kita jatuh cinta apa tidak , kita hanya bisa mengiyakan atau membantah apa yang kita rasakan . Jadi , syukurilah jika cinta hadir dalam jiwamu ..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Say 'Hello' .. ^^

free counters

 

Find us on Facebook

Most Reading