Selamat datang dalam duniaku yang sempit ini. selamat menikmati apa yang telah aku tulis, tapi ada yang harus selalu kamu ingat bahwa tidak semua yang aku tulis adalah aku dan tidak semua yang aku bicarakan adalah kamu..

google dan kawan kawan

Juli 19, 2011


Beberapa hari ini ada kejadian (yang menurut saya) besar dalam dunia IT , yaitu Apple vs Googlec. Ya , Apple perusahaan yang sukses dengan iPod dan iPhone marah besar kepada Google , sebabnya bukan tak lain adalah proyek besar Google di bidang telekomunisasi yaitu Android . kenapa Apple sampai marah kepada Android? padahal android tidak memakai platform dari Apple dan tidak memakai Code dari Apple? dimana letak kemarahan Apple?

Yaitu pada tak-tik Google . pada awalnya saat Apple meluncurkan iPhone , Google langsung menawarkan kerjasama yang menggiurkan , singkat kata Apple dan Google akhirnya setuju untuk bekerja sama . hubungan mesra ini pun terjalin dengan indahnya . sampai akhirnya Google meluncurkan sistem operasi untuk mobile phone yang open source dan gratis , dan tak hanya disitu saja , Google juga merangkul perusahaan-perusahaan besar seperti motorola dan HTC untuk bekerja sama . bayangkan bila anda menjadi Steve Jobs (CEO Apple) saat mengetahui bahwa pasangan mesra anda ternyata telah berselingkuh dan akan menjatuhkan anda secara pelan-pelan . tanpa diketahui oleh Apple ternyata Google telah mengembangkan Android di labnya sendiri .

Apple pun tidak tinggal diam . dikabarkan bahwa ada rencana untuk mengganti Google sebagai search engine utama dalam iPhone . selain itu Apple juga menuntut HTC dan Motorola dengan tuduhan plagiarisme . Apple mengklaim bahwa banyak aplikasi di Android sebenarnya mencontek aplikasi iPhone . HTC dan Motorola jelas menolak tuduhan tersebut , seperti kita tahu sendiri bahwa Android adalah open source , jadi siapapun bebas mengembangkan , merubah , atau mebuat aplikasi untuk Android .

ternyata bukan hanya Apple saja yang menjadi korban Google . Mozilla dan Microsoft pun merasakannya juga . tahukah anda bahwa Google telah bekerja sama dengan Mozilla dari tahun 2006?. Google membantu biaya finansial dari Mozilla hingga sekitar 80% dari total pemasukan Mozilla . sebenarnya kerjasama ini sudah berakhir pada tahun 2008 tapi diperpanjang lagi hingga tahun 2011 . rupanya Google punya maksud lain di balik semua itu , mengembangkan web browser mereka sendiri yang dinamai 'Chrome' . tapi mengapa Mozilla tidak marah? seperti yang telah disebutkan sebelumnya , Google telah banyak membantu Mozilla di finansial , dan chrome tidak memakai kode sumber Mozilla (yang disebut Gecko) . selain itu Firefox adalah open source , jadi kalaupun chrome memakai kode sumber Firefox tak masalah .

Microsoft sudah sejak lama bertarung dengan Google karena Google telah banyak menggerogoti pangsa pasar mereka . menurut Microsoft , Google telah melangkah terlalu jauh memasuki halaman rumah mereka . Tapi Microsoft tidak tinggal diam , dengan segala upaya mereka mencoba untuk merangkul Yahoo dengan harapan dapat menghentikan Google . kini sepertinay Microsoft akan mendapat teman baru untuk melawan Google , yaitu Apple . menarik untuk diikuti bagaimana kelanjutan dari Google melawan Microsoft dan Apple . jangan lupakan Facebook , kini Google berusaha untuk menyaingi ketenaran Facebook dengan produk mereka sendiri yaitu G+ .

sudah cukup tentang Google dan korban-korbannya . bila dijabarkan , tak tik bisnis Google akan nampak seperti berikut:
1. mengajak bekerja sama
2. mengamati keunggulan dan kelemahan produk rekanan / lawan
3. membuat produk yang mempunyai kualitas lebih baik dari rekanan / lawan
4. menjadikan produk tersebut open source dan gratis agar lebih menarik

disinilah letak kecerdasan perusahaan yang dipimpin oleh Larry Page dan Sergei Brin tersebut . mereka mencoba untuk mencari sekaligus menganalisa pasar baru dengan cara bekerjasama dengan rekanan. lalu mengamati apa kelemahan dan kelebihan produk rekanan dan lawan . dan yang terakhir meluncurkan produk yang sanggup menandingi produk rekanan dan lawan .

tak-tik ini rasanya tak sesuai dengan slogan Google sendiri , "don't be evil" atau jangan menjadi jahat . sangat ironis bila melihat produk-produk Google selama beberapa tahun terakhir . dan yang paling kontroversial adalah Google books , yang banyak menuai kecaman dari para penulis dan penerbit di eropa , terutama prancis . dimana dalam slogan tersebut Google berusaha memberikan pelayanan terbaik dan gratis kepada konsumen yang menggunakan produk-produk mereka . memang benar dengan memberikan layanan yang terbaik dan gratis , Google kelihatannya tidak menjadi jahat . dengan pengertian tidak menjahati konsumennya . tapi yang paling dirugikan dalam layanan tersebut adalah kompetitornya (atau bekas rekanannya) . seharusnya Google tidak boleh munafik dalam menerapkan slogan tersebut . tak perlu menjatuhkan orang lain hanya untuk memuaskan pelanggan mereka (seperti yang telah dilakukan microsoft) .

saya tahu , tujuan sebenarnya dari Google adalah memberikan pelanggan dengan layanan yang tertata apik dan rapi . dimana nanti masyarakat awam yang pastinya telah terhubung dengan internet tak perlu lagi bingung dalam mencari layanan yang mereka butuhkan . cukup satu untuk semua , yaitu Google . lho? itu kan juga tujuan dari Microsoft dan Apple? entahlah . terserah anda mau menilai Google itu jahat atau tidak , semua punya pendapat masing-masing ..

Sumber artikel dari : sini .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Say 'Hello' .. ^^

free counters

 

Find us on Facebook

Most Reading