Selamat datang dalam duniaku yang sempit ini. selamat menikmati apa yang telah aku tulis, tapi ada yang harus selalu kamu ingat bahwa tidak semua yang aku tulis adalah aku dan tidak semua yang aku bicarakan adalah kamu..

Esensi Sebuah Hubungan

Januari 16, 2011



Banyak hubungan (relationship) terjadi dalam kehidupan kita . Misalnya saja , persahabatan , hubungan antara cowok dan cewek (pacaran) , hubungan pekerjaan , dan lain sebagainya . Hubungan apapun itu yang kita jalin dan jalani saat ini , tentu tidak terjadi begitu saja . Pasti di awali dengan pertemuan , perkenalan , perbincangan hingga hubungan itu semakin erat ke arah yang kita inginkan . Dan yang pasti , ada harga yang harus dibayar disana .

Segala macam bentuk hubungan bisa terjadi pada kehidupan kita dalam waktu bersamaan , tetapi bagaimana kita menyikapi setiap hubungan sehingga bertahan lama atau bahkan abadi , sering kita abaikan . Ada rasa egois yang timbul . Acap kali kita berpikir , “Kalau kamu butuh aku , harusnya kamu nyari aku dong ,” padahal disatu sisi kita tahu bahwa kondisinya saat itu tidak memungkinkan untuk mencari kita . Kitalah yang harus menemukan keberadaannya .

Di jaman yang semakin modern ini , kita menganggap bahwa segala sesuatu yang terjadi sah-sah saja . Banyak dari kita sering membiarkan banyak hal terjadi begitu saja dan tidak memperhatikannya . Namun , untuk memiliki sebuah hubungan yang menjadi kuat , kita harus merubah pola pikir kita saat berhadapan dengan orang lain . Kita tidak perlu melakukan hal besar sekaligus . Apa isi dari hubungan yang kita jalani . Kita bisa memulainya dengan hal-hal kecil yang punya efek besar .

Hargai orang lain . Menghargai orang lain adalah hal paling sederhana yang perlu kita lakukan . Tak peduli siapa orang yang ada dihadapan kita . Tak peduli dia layak bagi kita atau tidak . Namun yang sering terjadi adalah kita baru menghargai seseorang jika secara kasat mata orang tersebut akan membuat kita menjadi lebih baik . Les Giblin dalam Make Today Count mengatakan , “Anda tidak bisa membuat orang lain merasa penting dengan kehadiran Anda jika Anda secara diam-iam merasa bahwa ia bukan siapa-siapa .”

Berkomitmen untuk menambah nilai pada orang lain . Sadar atau tidak , akhir-akhir ini yang terjadi adalah setiap orang dari kita menjalani sebuah hubungan seperti sebuah transaksi . Ketika kita akan memberikan sesuatu kepada seseorang , misalnya saja pujian , maka kita akan berpikir terlebih dahulu , apa yang bisa orang itu berikan kepada kita sebagai balasannya . John Maxwell mengungkapkan , “Jika Anda berencana untuk memiliki hubungan sebagai sebuah prioritas , Anda harus memeriksa motivasi untuk memastikan bahwa Anda tidak berusaha memanipulasi orang lain untuk keuntungan Anda sendiri .”

Dahulukan orang lain . Yang sering muncul dalam pikiran kita adalah “boro-boro dahulukan orang lain , zaman udah berubah kali , siapa cepat dia dapat .” Pemikiran-pemikiran seperti inilah yang kadang membuat kita kehilangan hubungan baik , kehilangan hubungan yang sudah kita bangun berhari-hari atau bahkan bertahun-tahun . Cara yang baik untuk kita bisa mendahulukan orang lain adalah dengan mempraktekkan The Golden Rule : lakukan pada orang lain sama seperti yang kita ingin mereka lakukan pada kita .

Banyak hal yang bisa kita lakukan untuk menjalin hubungan dan membuat hubungan itu berarti . Hal paling utama adalah perasaan suka . Apapun tindakan yang kita ambil , ketika kita suka untuk melakukan semua itu , ketika kita menikmati , maka semuanya akan berjalan dengan baik , diikuti dengan komitmen untuk menjaga semua itu tetap berada di jalur yang benar , dan seberapa pentingnya hubungan itu untuk kita . Ketika kita merasa bahwa hubungan yang sedang kita jalin itu sangat penting maka kita akan tekun menjalani hal-hal kecil untuk akhirnya mendapati hubungan yang luar biasa .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Say 'Hello' .. ^^

free counters

 

Find us on Facebook

Most Reading