Selamat datang dalam duniaku yang sempit ini. selamat menikmati apa yang telah aku tulis, tapi ada yang harus selalu kamu ingat bahwa tidak semua yang aku tulis adalah aku dan tidak semua yang aku bicarakan adalah kamu..

Tentang NATAL ( Bagian 2 , Selesai .. )

November 03, 2010

sebelumnya saya akan meminta maaf bagi para pembaca yang kebetulan non-muslim karena berikut ini saya akan menuliskan artikel yang bila tidak dibaca dan dipahami secara hati-hati akan menimbulkan salah pemahaman dan timbul rasa benci pada umat Islam .
ini adalah artikel ke-2 sebagai lanjutan dari artikel pertama , bila anda belum sempat menyimak dan ingin membaca artikel tersebut , silahkan klik disini .



Bismillah
Ada beberapa pertentangan tentang hukum mengucapkan "selamat natal" bagi umat islam , beberapa pihak ada yang mengatakan hal itu sah-sah saja , namun ada juga yang berpendapat bahwa hal tersebut tidaklah patut dilakukan dengan pertimbangan-pertimbangan tertentu .
disini saya akan menjabarkan kedua pendapat tersebut yang sebelumnya telah dipublikasikan terlebih dahulu oleh orang yang lebih memahami permasalahan itu .
Pendapat kedua ini diutarakan dalam sebuah diskusi di situs ... yang menyoroti pendapat Dr. M. Quraish Shihab dalam bukunya MEMBUMIKAN AL QUR'AN yang isinya secara jelas memperbolehkan ucapan tersebut .
-------------------------------------------------------------------------------
Islam mengakui keberadaan agama nasrani dan yahudi. Juga mengakui kenabian Musa dan Isa sebagai utusan Allah. Bahkan Islam meyakini bahwa kitab suci Taurat dan Inji adalah kitab suci yang Allah turunkan. Semua itu merupakan bagian dari ruun iman dalam ajaran Islam. Syariat kedua agama itu pun diakui Islam sebagai syariat dri Allah kepada manusia dan sebagiannya menjadi bagian dari syariat Islam pula. Namun sebaliknya, kedua agama itu tidak mengakui Islam sebagai agama. Nabi Muhammmad SAW tidak diakui sebagai nabi utusan Allah. Al-Quran juga tidak diakui sebagai kitab suci yang Allah turunkan. Dan syariat Islam tidak diakui kedua pemeluk agama ini sebagai syariat yang Allah turunkan.

Dalam masalah toleransi beragama, Islam adalah pelopor kerukunan antar agama. Madinah sebagai kota percontohan negara Islam justru dihuni oleh penduduk yang beragam yahudi dan juga nasrani. Bahkan Rasulullah SAW hidup bercampur baur dengan mereka dan berdagang serta bertransaksi bisnis juga. Dalam masalah sosial, orang yahudi dan nasrani di Madinah mendapatkan hak perlindungan sepenuhnya dari negara. Dan dalam sejarah Islam kita bisa saksikan bagaimana para pelarian yahudi justru ditampung oleh
khilafah Bani Ustmani ketika para raja nasrani spanyol membantai habis umat Islam dan Yahudi di semenanjung Iberia itu. Bahkan ketika Islam mencapai puncak kejayaannya di masa abad pertengahan, orang-orang nasrani mendapatkan kebebasan hidup di negeri
Islam, mereka bebas belajar, bekerja, mencari nakah dan mendapatkan produk terbaru peradaban Islam. Oleh prajurit perang salib, aliran peradaban itu mereka bawa ke bumi eropa. Sabun, lensa, ilmu kimia, ilmu kedokteran, ilmu biologi, ilmu bumi dan beragam kekayaan peradaban Islam dengan mudah dibawa ke eropa. Sehingga para sejarawan mengatakan bahwa Eropa berhutang budi pada dunia Islam yang telah menjadi jembatan
kebudayaan peradaban mereka.

Dalam kondisi seperti itu, perlu dipahami bahwa Islam memiliki keaslian ajaran yang paling terjaga, baik dari bid‘ah, kemusyrikan ataupun penyelewengan lainnya. Ketika para pemuka agama yahudi dan nasrani sibuk berbeda pendapat tentang inti ajaran mereka, Umat Islam dengan tenang menjalankan agamanya. Hal itu terjadi karena Islam memiliki Al-Quran dan Sunnah yang bersifat abadi serta syariat Islam yang sangat
lengkap. Tidak ada kemungkinan umat Islam kehilangan identitas dan jejak ajaran rasul-Nya.

Berbeda dengan kedua agama samawi sebelumnya yang dilanda krisis kemurnian ajaran hingga pada masalah yang paling prinsipil. Seperti yang dialami nasrani tentang ketuhanan Nabi Isa as. Bahkan para sejarawan pun sepakat bahwa kelahirannya bukan tanggal 25 Desember. Ensiklopedi besar dunia macam British atau American pun tidak mencantumkan tanggal itu sebagai hari kelahiran Nabi Isa. Sejak dari abad ke-4, umat Kristen telah mengambil gagasan yang ada pada kepercayaan orang-orang kafir (penyembah berhala). Barangkali yang paling penting dari ini semua adalah kepercayaan bahwa ada 3 Tuhan:
Bapa, Putra dan Roh Kudus (yang disebut Trinitas). Kepercayaan ini adalah sama dengan kepercayaan yang ada pada kepercayaan-kepercayaan sebelumnya seperti antara lain:
1. Hindu (Trinitas dalam Hindu): Brahma (Tuhan Pencipta), Wishnu(Pemelihara), Shiwa (Perusak). Hindu modern mengambil Krishna, anak Divachi, dara suci, sebagai reinkarnasi dari Wishnu. Krisna adalah juru selamat, yang mati untuk menebus dosa-dosa dan harus menderita. Dia disalib, mati dan kemudian dibangkitkan kemudian naik ke langit. Waktu lahir, Krisna akan dibunuh oleh Kansa. Yesus akan dibunuh oleh raja
Herodes (Note: menurut penyelidikan akhir-akhir ini, Herodes itu matinya 4 tahun sebelum Yesus lahir. Jadi kesamaan itu bukan bersifat kebetulan, melainkan disengaja oleh penulis Injil).
2. Di Mesir: Ra (Dewa matahari), Osiris (Dewa kematian), Isis (Istri Orisis, Dewa alam dan bunda Tuhan) dan Horus (anak Osiris dan Dewa Cahaya). Di Mesir ada patung Horus dalam pelukan bunda Isis. Dalam Gereja Katholik juga terdapat patung Yesus dalam pelukan Maria.=203. Babylonia: Baal (Dewa matahari), Samiramis (bunda suci) dan Nimrod (anak Tuhan). Sebelum dibunuh, Baal dihina dan disiksa. Yesus juga demikian Matius 27: 26;30-31).
4. Buddha: Gautama (Roh kudus), Maya (bunda suci) dan Buddha, anak (yang ditiupkan ke Maya yang di isi dengan Roh kudus) dan juru selamat yang mati dan dibangkitkan kembali.
5. Yunani/Romawi: Zeus/Jupiter (Raja Dewa), Artis/Diana (Dewa kelahiran) dan Mithra (Dewa cahaya). Sarjana-sarjana theology Kristen percaya bahwa penyembahan Isis dan Diana melebur kepada Maria a.s. Dewa-dewa adalah penebus dosa. Yesus juga (I Timotius 2: 5-6). Dewadewa tersebut inkarnasi dari Tuhan. Yesus juga demikian (Philipi 2: 6-
7). Dewa-dewa penebus dosa mati dibunuh/disalib. Yesus juga demikian (Matius, 27: 35-37).
Pada abad ke-4, kapel-kapel dan gereja-gereja mulai dibangun di atas Makam para syuhada dan gereja mengatakan bahwa mereka memiliki kedudukan khusus untuk mendengar doa dan menyampaikannya pada Tuhan. Setiap hari disepanjang tahun doa-doa ditujukan pada orang-orang suci mereka (santa) atau para syuhada tersebut. Ajaran ini adalah
bertentangan langsung dengan Galatians 3: 20, yang berbunyi: "Tidaklah diperlukan perantara apabila hanya satu yang terlibat; dan Tuhan adalah Esa." Dan Exodus 20: 5, yang berbunyi: "Janganlah tunduk (ruku‘) pada berhala ataupun menyembahnya, karena Aku adalah Tuhan dan Tuhanmu tidaklah memiliki sekutu.

Dan kita semua mengetahui bahwa kepercayaan seperti ini adalah merupakan syirk besar (menyekutukan Allah) dan kufr pada derajat yang paling tinggi.
Allah berfirman:
"Sesungguhnya kafirlah orang-orang yang mengatakan: "Bahwasanya Allah salah seorang dari yang tiga", padahal sekali-kali tidak ada Tuhan selain dari Tuhan Yang Esa..." (QS 5: 73)

"Al Masih putra Maryam itu hanyalah seorang Rasul yang sesungguhnya Telah berlalu sebelumnya beberapa rasul, dan ibunya seorang yang sangat benar, kedua-duanya biasa memakan makanan. Perhatikan bagaimana Kami menjelaskan kepada mereka (ahli kitab) tanda-tanda kekuasaan (Kami), kemudian perhatikanlah bagaimana mereka berpaling (dari memperhatikan ayat-ayat Kami itu)." (QS 5: 75)

"Katakanlah: ‘Mengapa kamu menyembah selain daripada Allah, sesuatu yang tidak dapat memberi mudharat kepadamu dan tidak (pula) memberi Manfa‘at?‘ Dan Allah-lah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui." (QS 5: 76)

"Katakanlah: ‘Hai Ahli Kitab, janganlah kamu berlebih-lebihan (melampaui batas) dengan cara tidak benar dalam agamamu. Dan janganlah kamu mengikuti hawa nafsu orang-orang yang telah sesat dahulunya dan mereka telah menyesatkan kebanyakan (manusia), dan mereka tersesat dari jalan yang lurus." (QS 5: 77)

Sebagian besar syiar yang digunakan dalam natal seperti sinterklas, lilin, hari minggu, salju dan sejenisnya lebih merupakan rekaan sepanjang zaman, termasuk patung Nabi Isa yang ditiaop negeri berbeda bentuk mukanya. Semua itu alhamdulillah tidak terjadi pada umat Islam. Meski ada perbedaan mazhab fiqih, namun tidak sampai pada masalah yang berkaitan dengan aqidah.

Jadi bila umat Islam tidak ikut merayakan natal bukan berarti tidak hormat kepada pemeluk agama lain. Tapi silahkan selesaikan terlebih dahulu perbedaan pendapat diantara pemeluk nasrani tentang hari lahirnya dan tentang apa benar Nabi Isa itu tuhan, atau anak tuhan atau siapakah dia? Yang jelas Islam tidak menjadikannya Tuhan, tapi dia adalah Nabi yang sangat dihormati dan dimuliakan oleh Al-Quran dan umat Islam. Ajaran yang dibawanya (selama masih asli dan tidak terkena tangan-tangan kotor) merupakan ajaran dari allah yang wajib kita hormati). Dan juga kitabsucinya, selama tidak dikotori oleh para pemalsunya, kita imani sebagai kitab suci.

Namun sayang, umat nasrani sendiri yang telah berpecah belah dan meruska kesucian agama mereka sendiri sera mengganti ajaran tauhid itu dengan polytiesm dimana tuhan itu mnjadi tiga tetapi satu. Sebuah logika yang mungin buat para filsouf mudah dipahami tapi tidak mudah bagi masyarakat awam. Apakah ini berarti agama ini hanya buat para filsuf, Wallahu a‘lam.

Jadi tidak mengucapkan selamat natal tidak berarti tidak hormat. Jusru umat kristiani harus mengucapkan terima kasih telah diingatkan oleh uamt Islam tentang kenyataan yang ada pada ajaran mereka diman telah terjadi ketidak-jelasan sejarah dan kemungkinan pengkaburan ajaran Nabi Isa dari aslinya.

Yang kedua, karena tanggal 25 Desember pun bukan hari lahirnya Nabi Isa, paling tidak menurut pada sejarawan. Dalam Al-Quran pun disebutkan bahwa saat itu pohon kurma sedang berbuah. Dan pohon kurma tidak pernah berbuah di musim dingin seperti bulan Desember.
----------------------------------------------------------------------------------
Setelah membaca kedua artikel ini , maka anda sendiri yang harus menentukan mana yang benar dan mana yang tidak benar .. ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Say 'Hello' .. ^^

free counters

 

Find us on Facebook

Most Reading