Selamat datang dalam duniaku yang sempit ini. selamat menikmati apa yang telah aku tulis, tapi ada yang harus selalu kamu ingat bahwa tidak semua yang aku tulis adalah aku dan tidak semua yang aku bicarakan adalah kamu..

sebuah kisah klasik

September 17, 2010



hari raya idul fitri 2027 .. tidak jauh berbeda dengan hari raya pada tahun sebelum-sebelumnya .. semua orang saling berkunjung dan memaafkan untuk semua kesalahan yang telah dilakukan .
begitu juga yang terjadi pada sebuah keluarga kecil di kota Solo ..
keluarga kecil dengan kehangatan di dalamnya , seakan memiliki kesempurnaan yang tak dimiliki oleh keluarga lainnya di dunia .
dalam keluarga ini terdapat seorang putri dan putra yang membuat suasana semakin hidup . seorang suami dan seorang istri tentu saja .
itulah cerita singkat tentang keluarga kecil di kota Solo ..
beberapa kilometer dari sana , terdapat pula sebuah keluarga kecil yang tak kalah sempurna , keluarga tersebut berada di kota Jogja ..
apakah anda bertanya , "lalu apa hubungan cerita keluarga di Solo dengan keluarga di Jogja?"
pertanyaan itu akan terjawab setelah ini .
----------
intermezzo ..

namanya adalah Arya , seorang yang sangat biasa saja bagi dirinya sendiri , tak ada hal spesial yang bisa dia banggakan , setidaknya itulah yang ada dalam pikirannya , entah bagaimana orang lain menilainya nanti .
tentu saja saat mengatakan "pendapat orang lain" , maka akan banyak pendapat yang masuk , dan tentu saja pendapat itu tidak seluruhnya menyenangkan untuk dapat diterima begitu saja .
saya akan sangat yakin dengan adanya perbedaan penilaian pada pribadi seseorang , tergantung dari perspektif mana anda menilainya ..
Arya , dia adalah orang yang ramah , baik , pintar , cerdas , kritis , dan disiplin ..
itu yang dikatakan oleh teman-temannya .. bukan sebuah penilaian tanpa alasan , tapi karena mereka menilai dari perspektif luas dalam kehidupan Arya .
Arya , dia adalah seorang yang emosional , sulit memaafkan , kasar , tak tau sopan santun , dan terlebih dia adalah seoarang playboy ..
itu yang dikatakan oleh ........ (siapa? kita akan tau jawabannya setelah ini)

Saya tau , Arya mengenal gadis itu disela-sela kekosongan hatinya , ketika ia telah menata hatinya dengan begitu baik (menurut saya) , karena hatinya sempat remuk dan hancur berantakan (mungkin terlalu berlebihan dalam menggambarkan keadaan Arya) setelah berpisah dengan kekasihnya jauh sebelum mengenal gadis ini .
Dan sesungguhnya Arya sudah lama ingin mendekati gadis ini , namun sepertinya Tuhan belum mengijinkan sampai suatu saat Arya mendapatkan "ijin" yang telah lama ia tunggu .

Bagian 1

Arya , saya mengenalnya dengan begitu baik , saya tau persis siapa dia dan bagaimana dia .. orang lain bisa berpendapat tentang bagaimana Arya , tapi mereka tetap tidak akan pernah tau Arya . bukan karena mereka tak mampu , tapi karena mereka tak mau .
Saya pernah melihatnya menangis sekali dalam sebuah hubungan , itu adalah ketika ia ditinggal pergi kekasihnya saat ia benar-benar mencintai seseorang , dan sekali lagi saya melihatnya menangis di sudut kamar bersandar tembok dan air mata membasahi bantal yang ia jadikan sekat antara lutut dengan wajahnya ..
Aku bertanya-tanya , kenapa lagi dia? Arya orang yang kuat , hatinya keras , tak akan ia menangis begitu saja hanya karena filem murahan yang ia tonton . Aku yakin poasti ada sesuatu yang membuatnya terluka (lagi).
Akhirnya aku tau dan paham , apa yang membuatnya seperti itu . sebuah pernyataan dari seseorang , sebuah makian dari seseorang , sebuah ucapan dari seseorang yang tak mengenal siapa Arya !
Dalam hati Arya sempat bersumpah (saat itu) "aku tak akan membiarkan air mataku jatuh karena ucapannya lagi" .


bagian 2
Saat ini , aku memandang Arya sebagai sosok yang baru .. sebagai sosok yang berbeda dari Arya yang aku kenal dulu .. teman-temannya pun mengakui perubahan itu .. dan semua tak menyalahkan Arya , semua memaklumi , ya , semua memaklumi Arya , memaklumi perubahan yang terjadi , bahwa Arya tak lagi mudah untuk keluar bersama mereka , bahwa Arya tak lagi mau menggandeng seorang wanita ketika harus keluar secara berpasangan , karena Arya lebih memilih untuk berjalan sendiri di belakang teman-temannya yang sedang menggandeng pasangan mereka ..
Mereka tau hal itu dilakukan Arya karena Arya mencintai gadis itu , memuliakan gadis itu , dan mereka paham betul bahwa Arya berharap gadis itu akan menjadi pasangan hidupnya saat ini hingga ia mati .
sungguh ironis menurutku , teman-teman yang hanya mengenal Arya sebatas itu tapi mampu memahami Arya begitu dalam sedangkan orang yang begitu dekat dengan Arya justru memandang rendah Arya sebagai seorang playboy yang tak bisa setia .
aku tau Arya bukan orang yang naif , dan ia bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan dimana ia berada tanpa harus terperosok jatuh kedalamnya .
inilah kisah Arya yang aku ceritakan , seorang anak laki-laki dengan berjuta labirin dalam hidupnya yang tak mampu diterjemahkan dengan cukup bijaksana oleh beberapa orang ..

ini adalah kisah hari raya idul fitri pada tahun 2027 , ketika Arya berlibur ke Solo , tempat nenek dan kakeknya berada , sekaligus tempat gadis itu tinggal .
seperti kebiasaan , berkunjung dan minta maaf .
suatu ketika gadis itu pergi bersama sekelompok kawan mengunjungi guru sekolahnya , dan Arya menunggunya dengan cukup sabar , berusaha memahami gadis itu .
keesokan harinya gadis itu pergi lagi , dan Arya masih menunggunya , hanya saja saat itu Arya menunggu gadis itu di rumahnya ..
di sana Arya menunggu gadis itu bersama ibu sang gadis .
menit berganti jam , dan akhirnya gadis itu pulang , basah kuyup karena hujan , Arya memandangnya sejenak dari dalam rumah , kasihan , dan kemudian Arya mendekati gadis itu seraya membantunya masuk ke dalam rumah .
Aku tau , Arya bukanlah tipe orang yang mudah percaya , apalagi kalau ia pernah dibohongi (dengan alasan apapun) , hal ini teteap berlaku pada gadis ini ..
ia memeriksa setiap detail yang bisa ia periksa dan mendapati sebuah hal yang membuatnya marah (ya, Arya memang pemarah , sesuai dengan apa yang digambarkan di awal cerita).
Saya sudah katakan bahwa saya sangat memahami Arya , dan saya tau Arya tak akan takut pada siapapun ketika ia benar .
saya jadi ingat cerita ketika Arya berhadapan dengan pembantu Dekan II di kampusnya , ia begitu berani berargumen dan mendebat .. tak sopan mungkin bagi beberapa orang , tapi berjuang demi kebenaran memang harus ada yang dikorbankan kan? tinggal mau menerima dengan ikhlas apa tidak .

Arya pulang dengan perasaan galau , tak berhenti berfikir tentang hari itu , bagaimana mungkin orang yang ia anggap dekat dengannya malah seperti itu .. maka apakah masih muncul pertanyaan siapa yang beranggapan bahwa Arya adalah seorang yang emosional , sulit memaafkan , kasar , tak tau sopan santun , dan terlebih dia adalah seoarang playboy ..?

ironis kan?
tapi memang begitulah keadaanya , sekali lagi aku memandang Arya duduk terdiam dalam mobil di tepi jalan malam itu , aku tau ia berusaha keras menahan air matanya agar tak terjatuh , karena ia telah berjanji pada dirinya sendiri , hampir 1 tahun yang lalu ..

2 komentar

  1. aku acungkan 2 jempol untukmu kawan...
    Arya tak akan jatuh,aku yakin.
    titipkan salamku untuknya...

    -blacklist-

    BalasHapus
  2. @blackrose : tolong berikan alamat e-mail yang benar saat berkomentar .
    thanks

    BalasHapus

Say 'Hello' .. ^^

free counters

 

Find us on Facebook

Most Reading