Selamat datang dalam duniaku yang sempit ini. selamat menikmati apa yang telah aku tulis, tapi ada yang harus selalu kamu ingat bahwa tidak semua yang aku tulis adalah aku dan tidak semua yang aku bicarakan adalah kamu..

berbedakah CINTA dan SAYANG ?

September 09, 2010



Ada yang bilang cinta egois , sayang tidak; cinta hanya untuk satu orang , sayang bisa dibagi-bagi.

Pendapat lainnya:
Cinta adalah perasaan untuk kekasih — pacar atau pasangan hidup — sedangkan sayang ditujukan bagi sahabat dan keluarga.
Kita pasti sudah sering mendengar pendapat semacam itu . Di Internet sering saya temukan yang seperti itu . Ada juga bloger yang bahkan bikin puisi di weblognya bahwa cinta itu memang berbeda dengan sayang.

Di tempat lain kutemukan kutipan ini: Rasa ’sayang’ lebih dalam daripada ‘cinta’, ’sayang’ tidak mudah berubah, ’sayang’ membuatmu berkorban dan rela menderita demi orang yang kausayangi, ‘cinta’ ingin memiliki namun ’sayang’ tidak….

Bagi saya ini salah , dan bisa menjadi masalah . Ini adalah bahasa; Bahasa Indonesia yang harus kita jaga supaya tidak “berselingkuh” maknanya . Betapa penutur bahasa nasional kita , yang justru banyak dari mereka adalah kaum terpelajar di kota-kota dan fasih mengakses Internet , tidak bisa memahami dua kata yang begitu familiar: cinta dan sayang . Bahkan sampai dirusak lewat puisi .

Padahal dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia yang resmi dibuat pemerintah tidak pernah disebutkan kedua kata itu berbeda makna . Di kamus tertulis arti sayang adalah kasih, cinta . Demikian juga cinta bermakna menaruh kasih sayang , menyukai .
Tapi bagaimana mulanya sampai-sampai banyak kaum sekolahan yang mendefinisikan cinta dan sayang tidak serupa?
Saya tak pernah tahu.

Oi , kawan , jangan terlalu serius . Santai sajalah . Mari kita bermain-main dengan makna sayang dan cinta sesuai versi mereka itu .
Seandainya benar bahwa cinta ingin memiliki , lantas bagaimana jadinya arti kalimat ini:
Tuhan, aku mencintai-Mu
Apakah aku ingin memiliki Tuhan?

Bagaimana pula bila benar cinta itu penuh nafsu sedangkan sayang tidak , apakah saya dikatakan ingin memerkosa Tuhan dengan berkata:
Tuhan, aku mencintai-Mu”?

Bahasa Indonesia memang kaya . Banyak kata yang bersinonim , termasuk kata-kata bersayap yang sering membingungkan .
Dalam berbagai kasus , bahasa Inggris terasa lebih tegas . Orang bule menyebut cinta pada ibunya , cinta pada pacarnya , cinta pada temannya , cinta pada presidennya , dengan kata yang sama: I love you .
Kita di Indonesia selalu membedakannya : Aku sayang sama ibu; Gue cinta banget sama lo; Aku sayang padamu sobat; Saya menghormati Bapak Presiden .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Say 'Hello' .. ^^

free counters

 

Find us on Facebook

Most Reading